Minum Sebelum Tidur Bikin Anak Gampang Ngompol? Ini Kata Dokter



oleh: Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Jakarta, Ngompol pada anak bisa jadi hal yang menjengkelkan bagi orang tua. Maka dari itu, seringkali orang tua menyuruh buah hatinya untuk tidak banyak minum agar tak mengompol. Benarkah ada hubungannya antara minum sebelum tidur dengan anak yang mengompol?

"Menurut penelitian nggak ada perbedaan signifikan ngompol pada anak yang banyak minum atau tidak minum sebelum tidur. Sehingga sah-sah saja kalau anak mau minum sebelum tidur," kata Dr dr Saptawati Bardosono, MSc.

Wanita yang akrab disapa dr Tati ini mengatakan, ketika tidur, seseorang baik dewasa atau anak-anak mengalami puasa fisiologis saat tidur. Sehingga, ketika bangun tidur urine cenderung lebih keruh.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan air anak, bukan berarti waktu menjelang tidur menjadi waktu terlarang bagi anak untuk minum. Justru dengan membolehkan anak minum sebelum tidur, orang tua bisa memantau jumlah asupan cairan anak.

"Cara lain yang bisa dilakukan untuk memantau hidrasi anak yaitu dengan memonitor warna urine anak. Bangun tidur memang lebih keruh warnanya, tapi jika menuju siang warnanya sudah normal lagi, berarti tidak masalah," imbuh wanita yang juga menjadi Ketua Indonesian Hydration Working Group.

Seperti diketahui, kekurangan cairan dalam tubuh pada anak bisa menimbulkan gangguan mood. Anak yang kurang asupan air pun merasa mudah kepanasan, rewel, lesu, mudah menangis dan marah, serta mengalami gangguan konsentrasi, demikian dikatakan dr Sudung O Pardede SpA(K).

"Sayangnya anak sering tidak tahu kalau dia dehidrasi. Maka, orang tua perlu untuk memantau kecukupan cairan anak dan mengajari kebiasaan minum air putih pada anak," tutur dr Sudung dalam Media Workshop 'Hidrasi Sehat pada Anak' di DoubleTree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Kamis (9/10/2014).

(rdn/vit)

artikel diambil dari http://health.detik.com/

Post a Comment for "Minum Sebelum Tidur Bikin Anak Gampang Ngompol? Ini Kata Dokter"