Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kita

Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kita || LayananSosial || Sahabat, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengecek saldo BPJS kita, perlu kita ketahui BPJS memiliki manfaat untuk karyawan maupun wirausaha. Anda yang bekerja akan mendapat perlindungan baik dalam bentuk bantuan kesehatan dan finansial. Untuk itu jika kita ikut anggota BPJS ini maka kita harus mebgikuti aturan yang ada di Instasi tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki oleh seluruh tenaga kerja yang berada di Indonesia dan setiap perusahaanpun wajib mendaftarkan karyawannya sebagai peserta asuransi. Kewajiban ini sudah diatur dalam undang-undang tentang proteksi jaminan ketenagakerjaan.

Selama membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, anda mungkin bertanya sudah terkumpul berapa ya saldo BPJS Ketenagakerjaann. Cara ceknya mudah! Yuk intip langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

1. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketanagakerjaan Kita

Silahkan anda menginstall aplikasi BPJSTK yang ada di Playstore, kemudian anda sebaiknya lebih dulu mendaftar di website. Anda dapat mengecek saldo BPJS melalui aplikasi BPJSTK Mobile ketika sudah registrasi. 

Caranya:


Langkah 1 : Anda Log In dengan akunmu di aplikasi BPJSTK Mobile.


Langkah 2 : Pilih Saldo JHT.


Langkah 3 : Cek Saldo JHT.

Tunggu sebentar dan informasi mengenai saldo JHT yang terkumpulkan akan muncul pada layar HP anda.


2. Melalui ATM BNI
Saat ini hanya Bank BNI yang menyediakan fitur pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Untuk anda nasabah BNI dan peserta BPJS Ketenagakerjaan, anda dapat mencoba untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI. Tetapi, cek saldo melalui ATM hanya dapat dilakukan untuk cek saldo bukan untuk pengambilan saldo yang ada dalam rekening.

3. Via SMS

Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketanagakerjaan Kita

Cara ini lebih praktis, yaitu anda hanya mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda melalui SMS saja. Tetapi anda harus mendaftar atau registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan no. ID-nya.

Cara registrasi via SMS:


REG#No.BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung, lalu kirim ke 08111009696


Sebagai Contoh : REG#12345#020290#Annita (kirim ke 08111009696)

Jika sudah selesai register, maka anda akan mendapatkan ID, dan ID inilah yang dapat anda gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara mengecek saldo dengan format sebagai berikut:


Saldo#Nomor ID dan kirim ke 08111009696


Sebagai contoh, anda kirim sms Saldo#1234567890 kirim ke 08111009696.

Setelah itu anda akan menerima pesan sms yang berisi saldo terkumpulsaat pertama anda menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

4. Cek Via Website BPJS Ketenagakerjaan

Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketanagakerjaan Kita

Untuk kali ini anda jika ingin lebih praktis bisa menggunakan laptop ataupun perangkat elektronik yang mempunyai fitur browser. Secara online, kamu akan mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan untuk mengumpulkan informasi mengenai akun kamu.  Tetapi anda harus mendaftar terlebih dahulu di websitenya.

Carannya seperti berikut:


Langkah 1 : Persiapkan dahulu kartu BPJS Ketenagakerjaan.




Langkah 3 :  Isi semua informasi.


Langkah 4 : Pilihlah setuju pada ketentuan yang dipaparkan.


Langkah 5 : Pilih submit data.

Ketika anda mendaftar secara online, maka anda akan mendapatkan email konfirmasi atau SMS untuk mengaktifkan akun kamu.

Jika sudah maka langsung ke langkah berikutnnya yaitu langkah log in di website BPJS Ketenagakerjaan.

Carannya seperti berikut:




Langkah 2 : Pilih menu Lihat Saldo JHT.


Langkah 3 : Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan lalu pilih Submit. Jumlah saldo JHT (Jaminan Hari Tua) kamu akan terlihat pada layar.

Adapun informasi yang bisa kamu cari dalam website ini berupa info info rincian JHT dan klaim JHT.

5. Mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketanagakerjaan Kita

Dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan maka lebih muda untuk prosesnya. Silahkan anda temui petugas BPJS dan tanyakan saldo dan juga menyebutkan nomor akun anda atau menunjukkan kartu BPJS. Petugas BPJS akan mengecek anda dan mencetak saldo yang ada dalam akun anda.

Demikian sedikit informasi tentang bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda, silahkan anda gunakan sebaik-baiknya dan selalu perhatikan informasi layanan jaminan sosial ini jika ada informasi terbaru. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment for "Berikut Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kita"