Atasi Asam Urat Mudah, Konsumsi 3 Makanan Penurun Kadar Asam Urat Berikut

 Penyakit asam urat merupakan penyakit yang timbul karena kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Biasanya, penyakit ini mengincar usia lanjut yakni sekitar 40 tahun ke atas.

Atasi Asam Urat Mudah, Konsumsi 3 Makanan Penurun Kadar Asam Urat Berikut

Namun, mengingat faktor utama penyakit ini adalah konsumsi makanan tinggi purin, maka usia muda pun bisa dengan sangat mudah terserang penyakit ini juga.

Baca Juga : Download Sertifikat Akreditasi Ban PT Berbagai Perguruan Tinggi Dan Program Studi 

Kadar asam urat yang tinggi akan menyebabkan pengumpalan dalam tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Salah satu yang paling menganggu adalah rasa nyeri sendi yang tak tertahankan. Jika sudah kambuh, biasanya penderita asam urat akan mencari obat untuk mengatasinya. Sebenarnya, ada makanan yang bisa dengan alami mampu menurunkan kadar asam urat tanpa harus konsumsi obat.

Baca Juga : Sudah Diumumkan! Cek Pengumuman CPNS 2019 Disini. Berikut 65 Linknya

Apa saja kah jenis makanan itu?

Dilansir ringtimesbanyuwangi.com dari kanal YouTube Saddam Ismail dan Healthline, berikut 3 jenis makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat secara alami.

1. Kacang, Tahu, dan Tempe

Kacang sangat cocok untuk Anda jadikan kudapan untuk menemani sore hari Anda.

Daripada memakan cemilan dengan tinggi kandungan purin, Anda bisa mulai ganti dengan makan berbagai jenis kacang. Kacang memiliki kandungan protein nabati yang sangat baik untuk penderita asam urat.

Baca Juga : Cek Nama-nama yang Lulus CPNS 2019 di Sscn.bkn.go.id, atau 65 Link Kementerian/Lembaga

Protein bisa didapatkan penderita asam urat dari zat nabati karena protein jenis hewani biasanya tinggi purin dan bisa membuat kambuh asam urat.

Anda bisa mulai konsumsi almond, kedelai, bahkan tahu dan tempe dengan pengolahan yang benar dan sehat. Kedelai mengandung isoflavon yang mampu menurunkan kadar asam urat. dr Saddam Ismail menuturkan, sumber kacang kedelai pun bisa didapatkan dari tahu dan tempe yang diolah dengan cara yang sehat. Tahu juga masuk dalam jenis olahan kacang yang rendah purin dengan pengolahan yang benar sebagaimana dilansir dari Health Line.

Baca Juga :  Catat Ya! Rekrutmen CPNS 2021 Memang Masih Dibuka, Tapi..

Kacang kedelai sebagai bahan pembuat tempe dan tahu memiliki kandungan purin sekitar kurang dari 100mg purin per 100 gram tahu dan tempe. Kandungan purin 100mg tergolong dalam kadar purin rendah yang aman bagi penderita asam urat.

Seperti diketahui, batas yang dianjurkan untuk konsumsi purin bagi penderita asam urat adalah 100-150mg saja. Namun, banyak juga penderita asam urat yang memiliki reaksi tak bersahabat dengan olahan tahu dan tempe.

Baca Juga : Moratorium CPNS, Masa Pensiun Guru Diusulkan Diperpanjang - Masa pensiun guru diusulkan bisa diperpanjang

Ragi, tambahan garam, hingga cara mengolah tahu tempe dengan digoreng digadang jadi sebab beberapa orang ada yang kadar asam uratnya justru naik saat konsumsi tahu dan tempe. Pengolahan jenis demikian akan menyebabkan kadar purin melonjak tinggi.

Terlepas dari hal itu, penderita asam urat aman konsumsi tahu tempe dalam batasan konsumsi yang wajar dan diolah dengan benar. Anda bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi tahu dan tempe ini.

Baca Juga : Al Hamdulillah  NIP 150.315 CPNS 2019 Sudah Aman, Desember 2020 Gajian

2. Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Susu dengan olahan yang rendah lemak bisa dinikmati penderita asam urat. Tak hanya susu rendah lemak, berbagai macam produk seperti yogurt hingga keju juga aman dikonsumsi untuk yang menderita asam urat. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa olahan tersebut memiliki lemak yang rendah.

Pasalnya, olahan susu yang rendah lemak bisa membantu menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Kandungan susu juga membantu penurunan risiko kumatnya asam urat karena susu mampu membuat lancar proses pembuangan protein berlebih melalui urin sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Baca Juga : SekJen Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji : Tenaga Honorer Bisa Diangkat PNS di 2021, Simak Syaratnya

Sebagaimana dilansir ringtimesbanyuwangi.com dari Healthline, Arthritis Foundation menghasilkan penelitian yang menunjukkan bahwa minum susu rendah lemak tidak hanya mengurangi kadar asam urat dan risiko serangan asam urat tetapi juga akan mendorong ekskresi asam urat dalam urin Anda.

3. Gandum Dengan Kandungan Karbohidrat Kompleks

Gandum merupakan salah satu jenis makanan pokok yang masuk dalam kategori karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki serat yang lebih baik serta kadar gula yang jauh lebih sedikit daripada karbohidrat simpleks seperti nasi putih.

Baca Juga :  Kepala BKN: Mungkin PNS Tak Dibutuhkan Lagi 10 Tahun ke Depan

Anda bisa ganti karbohidrat harian Anda dengan roti gandum, nasi merah, hingga oat agar asam urat tak mudah kambuh.Asam urat sangat mampu dikontrol dengan konsumsi makanan yang masuk dalam kategori karbohidrat kompleks.

Nah itulah tadi 3 jenis makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat. Selamat mencoba!***Sumber : https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/

Baca Juga : Siap-Siap ! 3 Juta Guru Honorer Dapat BLT Rp 2,4 Juta Dari Kemdikbud dan Kemenag, Simak Persyaratan Yang Harus Disiapkan

Post a Comment for "Atasi Asam Urat Mudah, Konsumsi 3 Makanan Penurun Kadar Asam Urat Berikut"