Manfaat mentimun untuk kesehatan

Manfaat mentimun untuk kesehatan

Manfaat mentimun untuk kesehatan

Mentimun adalah jenis sayuran yang masuk ke keluarga tanaman seperti labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air dalam sayuran mentimun sama dengan yang ada dalam manfaat semangka, sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi mentimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Di Indonesia, mentimun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan (dalam makanan mentah), seperti Rujak atau Lalapan. Banyak mengonsumsi mentimun, dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat mentimun yang baik untuk tubuh kita. itulah Manfaat mentimun untuk kesehatan

Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat mentimun untuk kesehatan, Mentimun buah mengandung silikon, fluor, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat mentimun mampu membantu merangsang ginjal untuk menghilangkan metabolisme yang tersisa dan menyimpan lemak dalam tubuh.

Cara mendapatkan manfaat mentimun itu mudah, dengan mengonsumsi buah mentimun segar. Lakukan dengan cara ini setiap hari, sampai perut terbiasa menerima mentimun cair.

Mencegah sembelit

Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Air dan serat dalam mentimun dapat membantu makanan dicerna lebih cepat dan lebih muda, yang pada akhirnya membantu mencegah sembelit.

Menurunkan tekanan darah atau hipertensi

Karena kandungannya, mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kalium dapat mengatur jumlah garam di ginjal. Bagi Anda penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh ada kadar natrium yang terlalu tinggi.

Kadar natrium yang tinggi membuat kandungan air dalam tubuh tidak seimbang yang memicu peningkatan tekanan darah. Untuk menetralisir ini, tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Namun, banyak orang tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup setiap hari.

Oleh karena itu, untuk membantu menyeimbangkan kadar natrium di ginjal, Anda harus rutin mengonsumsi air mentimun. Dengan mengkonsumsinya, Anda akan menjaga stabilitas tekanan darah. Bahkan, mentimun juga mampu menjaga darah dari rumpun secara alami.

Membantu menghilangkan racun dari tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi urin. Dengan demikian, akan semakin mendorong bakteri, racun dan zat metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urin. Ini juga dikenal sebagai detoksifikasi. Tubuh juga akan lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan Racunn.

Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas.  Radikal bebas sendiri dapat mengundang sejumlah penyakit seperti Alzheimer, jantung, penurunan penglihatan dan diabetes.

Mengatasi pembengkakan di sekitar mata

Manfaat mentimun yang paling umum diketahui masyarakat adalah kemampuannya untuk mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlambat atau mata lelah karena bekerja di depan komputer terlalu lama. Bagaimana kalau, iris tipis mentimun dan tergantung kedua matanya, lakukan sambil berbaring selama 15 menit. itulah Manfaat mentimun untuk kesehatan.

Jantung Sehat

Kandungan dalam jus mentimun dalam bentuk kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat sangat baik dikonsumsi untuk orang dengan darah tinggi atau rendah. Keseimbangan kalium di dalam dan di luar sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi daripada di luar sel) untuk mengimplementasikan fungsinya. Ini termasuk interaksi zat terhadap natrium, untuk membantu dalam transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

Mencegah keriput di kulit

Manfaat mentimun memberikan rasa kesegaran yang wajar pada kulit, karena sifatnya mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Mentimun cukup menempel pada kulit secara teratur. sangat penting bukan Manfaat mentimun untuk kesehatan

Sebagian besar makanan alami memang memberikan manfaat dari sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti mentimun ini. Konsumsi berbagai jenis buah dan sayuran untuk memadai kebutuhan gizi masing-masing tubuh.

Itu tadi materi tentang Manfaat mentimun untuk kesehatan ucokpedia.

Post a Comment for "Manfaat mentimun untuk kesehatan"