Soal dan Jawaban PPPK Mata Pelajaran Sosiologi SMP - Kesempatan buat bapak / ibu yang ingin mengikuti seleksi PPPK bisa untuk referensi soal yang akan di hadapi ketika mengikuti seleksi ujian PPPK.
Berikut Soal dan Jawaban PPPK Mata Pelajaran Sosiologi SMP, semoga bisa membantu bapak / ibu guru semua yang mengampu mata pelajaran Sosiologi.
1. Siapakah tokoh yang membahas tentang Tindakan Rasional dalam Sosiologi ...
Sebuah. Boden Powell
b. David Ricardo
c. Emile Durkheim
d. Adam Smith
e. Max Weber
2. Siapakah tokoh pencipta istilah Sosiologi ...
Sebuah. Auguste Comte
b. Karl Marx
c. Saint Simon
d. Herbert Spencer
e. Emile Durkheim
3. Tindakan yang didominasi oleh perasaan tanpa refleksi intelektual atau perencanaan yang sadar disebut sebagai Tindakan ...
Sebuah. Al Nilai
b. Tindakan Rasional Instrumental
c. Tindakan AfektifTindakan Ekspresif
d. Tindakan Rasion
e. Tindakan Tradisional
4. Siapakah tokoh sosiologi klasik yang dikenal dengan pendekatan Sosiologi Konflik ...
Sebuah. Karl Marx
b. David Ricardo
c. Charles Darwin
d. Auguste Comte
e. Vilvredo Pareto
5. Revolusi Industri yang menjadi salah satu pendorong yang menentukan Sosiologi ada di negara mana ...
Sebuah. Denmark
b. Skandinavia
c. Jepang
d. India
e. Inggris
6. Siapakah tokoh Sosiologi yang berbicara tentang perjuangan kelas ...
Sebuah. Karl Marx
b. Max Weber
c. Emile Durkheim
d. Rober K Merton
e. Herbert Spencer
7. Solidaritas Mekanis adalah bentuk masyarakat yang ...
a.Transisi
b. Pasca-modern
c. Modern
d. Kompleks
e. Pedesaan
8. Hubungan antara kelompok dua atau lebih yang mempunyai ciri khusus disebut ...
Sebuah. Keluar hubungan kelompok
b. Hubungan antar kelompok.
c. Hubungan kelompok
d. hubungan kelompok luar
e. hubungan kelompok orang dalam
9. Kesulitan seseorang dalam menghadapi peran yang diamanatkan disebut ...
Sebuah. Status beban
b. Beban peran .
c. Perilaku peran
d. Unsur peran
e. Motiv peran
10. Sikap yang dibentuk karena ingin mengerti dan ingin bekerja sama dengan orang lain disebut ...
Sebuah. Simpati.
b. Identifikasi
c. Sugesti
d. Mutasi
e. Sempati
11. Media sosialisasi yang paling efektif bagi remaja adalah ...
Sebuah. Kerabat dekat
b. Orang tua
c. Sekolah
d. Lingkungan sosial
e. Teman sebaya.
12.Berperan sebagai agen transmisi, mediasi dan interpretasi atas pola-pola budaya masayarakat adalah kelompok ...
Sebuah. Tersier
b. Primer dan sekunder
c. Primer.
d. Sekunder
e. Primer dan tersier
13. Penyebaran hoax, bagian dari interaksi interaksi sosial ...
Sebuah. Persaingan
b. Perselisihan
c. Kontravensi
d. Pertentangan.
e. Kompetisi
14. Bertindak sebagai instrumen yang kuat bagi suatu kontrol sosial adalah kelompok ...
Sebuah. Primer dan sekunder
b. Sekunder
c. Primer.
d. Sekunder dan primer
e. Tersier
15. Sumber informasi berdasarkan penampilan seseorang termasuk ...
Sebuah. Usia, ras, penampilan berbusana
b. Usia, ras, jenis kelamin,
c. Daya tarik fisik, bentuk tubuh, wacana ,
d. penampilan berbusana, usia, daya tarik fisik
e. jenis, kelamin, bentuk tubuh, wacana
16. Sosialisasi primer pada umumnya terjadi dalam lingkungan ...
Sebuah. Keluarga
b. Rukun Tetangga
c. Paguyuban
d. Asosiasi
e. Masyarakat
17. Aspek pengetahuan pengetahuan dalam pembenryukan kepribadian dari ...
Sebuah. Apersepsi, persepsi, konsep, emosi
b. Apersepsi, persepsi, konsep, fantasi .
c. Apersepsi, persepsi, konsep, pribadi
d. Apersepsi, persepsi, konsep, hati
e. Apersepsi, persepsi, konsep, naluri
18. Unsur - unsur kepribadian adalah ...
Sebuah. Pengetahuan, perasaan, perasaan, emosi
b. Pengetahuan, kebiasaan, emosi
c. Pengetahuan, kebiasaan, naluri
d. Pengetahuan, perasaan, berkat naluri .
e. Pengetahuan, kebiasaan, persetujuan hati
19. Sebagai media sosialisasi, televisi mempunyai fungsi ...
Sebuah. Membentuk sikap masyarakat.
b. Generalisasi
c. Spesifisiksitas
d. Prestasi
e. Membentuk kemandirian
20. Pada kenyataan kita sebagai mahkluk sosial tidak dapat hidup seorang diri, dibutuhkan ................... dalam memenuhi kebutuhan hidup yang selalu berkembang baik kebutuhan jasmani maupun rohani ...
Sebuah. Teman
b. Bapak atau ibu
c. Keluarga
d. Teman sebaya
e. Kelompok sosial
BACA JUGA
SOAL DAN JAWABAN PGSD MATA PELAJARAN IPS GURU BELAJAR SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN PGSD MATA PELAJARAN IPA GURU BELAJAR SERI PPPK
JAWABAN PGSD MATA PELAJARAN BASAHA INDONESIA GURU BELAJAR SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN PEDAGOGI PGSD 1 SAMPAI 7 GURU BELAJAR SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN PGSD MATA PELAJARAN PKN GURU BELAJAR SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN SMP IPS PEDAGOGI GURU BELAJAR SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN SMP IPS MATA PELAJARAN GEOGRAFI GURU BELAJARA SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN SMP IPS MATA PELAJARAN SEJARAH GURU BELAJAR SERI PPPK
SOAL DAN JAWABAN SMP IPS MATA PELAJARAN EKONOMI GURU BELAJAR SERI PPPK
21. Konsep kelompok primer untuk menjelaskan kelompok yang ketakutan oleh pergaulan dan kerjasama tatap muka yang intim merupakan konsep kelompok dari ...
Sebuah. Madu
b. Blumber
c. Blumer
d. CH Cooley.
e. Yinger
22. Suatu perilaku yang berbentuk ingin mengikuti jejaknya atau mencontoh ingin belajar dari orang lain yang menyatakannya sebagai ideal disebut ...
Sebuah. Mutasi
b. Simpati
c. Mitos
d. Identifikasi
e. Sugesti
23. Hasil pertemuan antara gambaran lama dan gambaran baru dalam kepribadian ...
Sebuah. Apersepsi.
b. Apreori
c. Akseptasi
d. Akluturasi
e. Asosiasi
24. Susunan akal jiwa yang menentukan tingkah laku sesorang adalah ...
Sebuah. Definisi kepribadian menurut Brower
b. Definisi kepribadian menurut Mead
c. Definisi kepribadian menurut Hunt
d. Definisi kepribadian menurut Yinger
e. Definisi kepribadian menurut Koenttjaraningrat.
25. Penguatan rasa prasangka akan tetapi tidak menggunakan kekerasan merupakan ciri dari interaksi ...
Sebuah. Kontravensi
b. Perselisihan
c. Kompetisi
d .Pertentangan
e. Persaingan
26. Salah satu fungsi kelompok sebaya dalam kepribadian anak dengan memberikan pengalaman tentang ...
Sebuah. Makna kemasyarakatan
b. Makna persaingan
c. Makna persahabatan.
d. Makna hidup
e. Makna ilmiah
27. Sosialisasi akan kepribadian seseorang merupakan pendapat seorang ahli sosiologi bernama ...
Sebuah. Spenser
b. Blumer
c. Madu
d. Marx
e. Yinger.
28. Lihat Grafik berikut ini dan pilih pernyataan yang benar, kecuali
Sebuah. Angka pengangguran terbuka tamatan SD lebih rendah dari pengangguran terbuka tamatan Universitas
b. Angka pengangguran terbuka tamatan Diploma lebih tinggi pengangguran terbuka tamatan SMK
c. Angka pengangguran terbuka tamatan SMA lebih tinggi pengangguran terbuka tamatan Universitas
d. Angka pengangguran terbuka tamatan SMK lebih tinggi pengangguran terbuka tamatan SMA tahun 2018.
e. Angka pengangguran terbuka tamatan SMK lebih tinggi pengangguran terbuka setiap jenjang sekolah lainnya.
29. Hasil survei BPS menunjukkan bahwa ada dua jenis pekerjaan warga yang berusia 15 - 60 tahun sebagai gabungan yang menjadi satu. Berapa jumlah persentasi kedua pekerjaan tersebut?
Sebuah. 54,9%
b. 51,2%
c. 58,2%
d. 55,8%
e. 53,1%
30. Mobilitas sosial intragenerasi adalah ...
Sebuah. Perpindahan strata yang melayani seseorang dari lahir sampai mati
b. Pengalaman bekerja diberbagai cara sosial
c. Cerita sukses mengembangkan usaha / bisnis
d. Suka-duka bekerja dari satu daerah ke daerah lain
e. Sejarah seseorang dengan berbagai jabatan
31. Indonesia bangga sebagai negara yang memiliki jumlah suku, etnik dan kasta yang bervariasi dan lestari dari Sabang sampai Merauke. Ada satu nama provinsi yang lebih terkenal di manca negara tanggung nama Indonesia. Di pulau inilah masyarakat berbeda kasta atau warna yang mampu melestarikan kasta sebagai sistem sosial dan inspirasi industri pariwisata kelas dunia. Urutan kasta berikut ini adalah salah, kecuali:
Sebuah. Brahmana, Sudra, Ksatriya, dan Waisya
b. Brahmana, Waisya, Ksatriya, dan Sudra
c. Brahmana, Waisya, Sudra dan Ksatriya
d. Brahmana, Ksatriya, Waisya, dan Sudra
e. Brahmana, Ksatriya, Sudra dan Waisya
32. Stratifikasi sosial dan ketidakadilan hanya akan memperluas distribusi kebodohan, pengangguran, dan kemiskinan antar desa dan kota. Semua itu akan berdampak dalam pelaksanaan pembangunan sosial, kecuali
Sebuah. Menambah strata kewibawaan
b. Menghambat laju pertumbuhan ekonomi nasional
c. Menyebabkan kehilangan pendapatan
d. Menimbulkan prilaku kriminal
e. Memicu konflik sosial dan keamanan masyarakat
33. Suatu pergerakan status sosial karena adanya perubahan dalam sistim masyarakat, terutama perubahan teknologi, pendidikan, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, peperangan, atau kejadian lain yang mengubah struktur dan jenis strata masyarakat.
Sebuah. Mobilitas antar generasi
b. Mobilitas spasial
c. Mobilitas horizontal
d. Mobilitas struktural
e. Mobilitas vertikal ke bawah
34. Sebagian kelompok masyarakat sangat visioner dan berpandagan masa depan, mereka lebih mengutamakan pendidikan, pekerjaan dan pendapatan sebagai upaya memperoleh pengakuan strata sosialnya. Prilaku sosial ini termasuk stratifikasi yang sifatnya
Sebuah. Terawat
b. Diberikan
c. Ditugaskan
d. Tercapai
e. Diterima
35. Kemajemukan warga masyarakat di negara maju maupun negara berkembang akan ditentukan oleh banyak faktor. Bagi Indonesia, faktor menentukan kemajemukan masyarakat Indonesia adalah
Sebuah. Ekonomi dan politik
b. Kesatuan Geografik dan Kepulauan
c. Ekonomi dan sosial budaya
d .Anekaragam suku, etnik, agama dan ras
e. Ekonomi, politik, teknologi, sosial budaya dan kepulauan
37. Cara mudah membedakan orang kaya dan orang miskin adalah dengan cara hidup mereka. Pilih yang paling benar
Sebuah. Alat transportasi
b. Rumah
c. Makanan
d. Pakaian
e. Semuanya.
38. Teknologi komunikasi dan informasi yang dioperasionalkan dengan Telpun Genggam telah mematikan peran tilpun konvensional setiap rumah, mematikan radio bisnis dan televisi, mematikan koran cetak, buku dan majalah, membangkrutkan warung foto copy dan kantor pos, menjadikan peralatan pekejaan domestik mubadzir, termasuk kulkas, mesin cuci, jar ajaib, setrika, dan pecah belah lainnya. Penulis sedang menjelasan dampak:
Sebuah. Teknologi positif
b. Kecanduan negatif telepon genggam
c. Teknologi negatif
d. Negatif telepon genggam
e. Internet positif
39. Untuk memberdayakan kelompok marjinal, miskin dan pengangguran perkotaan, program pemberdayaan berikut merupakan model yang terlengkap untuk membantu penganggur dan orang miskin bangkit ekonominya.
Sebuah. Ujian Kompetensi,
b. Sertifikasi vokasi
c. Pelatihan kerja
d. Pilihan D ditambah permodalan usaha, apliksi IT dan pendampingan berkelanjutan 3 tahun .
e. Pelatihan, ujian Kompetensi, sertifikasi, penempatan, dan pendampingan
40. Faktor penghambat mobilitas sosial antara lain:
Sebuah. Pendidikan masyarakat rendah
b. Kemiskinan desa dan kota
c. Diskriminasi kesukuan
d. Korupsi, kolusi dan nepotisme
e. Semua jawaban benar
41. Kelompok solidaritas ini bentuknya sederhana, lebih berkembang perdesaan, belum ada pembagian kerja, lestari dengan kesepakatan, merupakan gerakan moral masyarakat, dan masih dilaksanakan dalam istiadat adat. Solidaritas kelompok sosial seperti ini termasuk
Sebuah. Solidaritas Ideologis
b. Solidaritas Biologis
c. Solidaritas Mekanis
d. Solidaritas Organis
e. Solidaritas Otomatis
42. Pernyataan berikut ini salah, kecuali:
Sebuah. Semakin rendah pendidikan semakin mudah pilihan pekerjaan lebih tinggi pendapatan yang diharapkan.
b. Semakin tinggi pendidikan semakin sedikit pilihan pekerjaan lebih tinggi pendapatan yang diharapkan.
c. Semakin tinggi pendidikan semakin mudah pilihan pekerjaan yang lebih rendah pendapatan yang diharapkan.
d. Semakin rendah pendidikan semakin sulit pilihan pekerjaan yang lebih tinggi pendapatan yang diharapkan.
e. Semakin tinggi pendidikan semakin banyak pilihan pekerjaan lebih tinggi pendapatan yang diharapkan .
43. Kartu Tanda Penduduk merupakan bukti identitas lengkap Saudara sebagai warga negara Republik Indonesia. Data pribadi saudara yang tertulis dalam KTP dan berikut ini benar, kecuali:
Sebuah. Umur, agama, dan pekerjaan
b. Foto, NIK, dan Kota tempat tingggal
c. Jenis kelamin, alamat tetap, dan golongan darah
d. Kewarganegaraan, nama kota tempat lahir, dan tanda tangan
e. Status pernikahan, provinsi tempat tinggal dan jumlah anak
44. Bagaimana pariwisata dapat mendorong terjadinya globalisasi?
Sebuah. Pariwisata melahirkan kesadaran baru tentang keragaman budaya manusia
b. Pariwisata melibatkan sistem keuangan, dan jaringan komunikasi
c. Pariwisata mendorong deregulasi yang mempermudah investasi
d. Pariwisata melahirkan pelaku ekonomi baru
e. Pariwisata memberikan banyak devisa bagi negara-negara berkembang
45. Masyarakat pasca-industri mensyaratkan agar individu yang memiliki teori pengausaan yang baik, kemampuan komunikasi antar-pribad, dan kompetensi sosial. Hal tersebut karena…
Sebuah. Dunia semakin mengarah ke globalisasi
b. Yang mereka adalah individu-individu lain dengan latar belakang sosial, budaya, dan pengelolaan politik yang beragam
c. Konflik antar-masyarakat semakin meningkat seiring dengan semakin kompleksnya pembagian kerja di dalam masyarakat
d. Industri di negara-negara maju semakin banyak beralih ke negara-negara berkembang
e. Banyak negara mulai meninggalkan cara produksi konvensional
46. Setiap masyarakat memiliki ambang batas toleransi dalam menghadapi perubahan. Pelanggaran terhadap norma yang tidak dapat dilihat oleh tidak adanya hal-hal yang dapat dilakukan oleh anak-anak yang tidak dapat mengutamakan aturan yang berlaku di masyarakat. Kearifan lokal dapat dijadikan sebagai patokan untuk menentukan batas toleransi tersebut. Hal tersebut menunjukkan fungsi kearifan lokal sebagai…
Sebuah. Penguat solidaritas
b. Identifikasi kelompok
c. Pedoman perilaku
d. Kearifan lokal sebagai agen pengekang
e. Perekat hubungan antar warga
47. Peran yang dimainkan barang sebagai sebuah komoditas yang semakin berkurang. Sebagi situasi, muncul komitmen baru yang mengandalkan kebaruan. Semua orang yang berebut mendapatkan, bertanya, dan sedapat mungkin mengambil mengambil. Nilainya akan menyusut seiring dengan berkurangnya aspek kebaruan. Hal tersebut merupakan salah satu dari enam ciri globalisasi, yaitu
Sebuah. Informasi merupakan gabungan lebih banyak pers
b. Menunggalnya jaringan komunikasi dunia
c. Alat transportasi selalu mengandung kebaruan
d. Semakin meleburnya batas-batas antar negara
e. Pendidikan dan kompetensi termutakhir yang paling banyak dibutuhkan
48. Ada pantangan menebang pohon-pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat Jawa. Layanan pengkeramatan disertai dengan ancaman lisan tentang bahaya yang akan diikuti oleh pelanggar. Apabila dilihat dari kacamata ekologi, pohon-pohon yang dikeramatkan pada umumnya memiliki fungsi sebagai penjaga keseimbangan ekologis di suatu kawasan, misalnya menjadi tempat bersarangnya binatang-binatang pemangsa hama atau menjadi penjaga keberlangsungan mata air. Contoh di atas merupakan kearifan local dalam wujud…
Sebuah. Ideal
b. Bahan
c. Struktural
d. Normatif
e. Fungsional
49. Dalam studinya, Mu'aliyah Asnawi menyatakan bahwa konsep kepercayaan yang berkembang di Alo'Ta'dolo, Toraja, agama Tolotang di Sidrap, dan Islam Tua di Pulau Sangihe, merupakan konstruksi yang berlaku pada tingkat lokal, namun mampu terintegrasi dengan sistem kepercayaan yang berakar pada agama barat, terutama Islam dan Kristen. Dalam hal ini, agama berkedudukan sebagai dasar kearifan teologi lokal. Misalnya, aspek syariat Islam (sara ') yang menjadi unsur dalam sistem nilai budaya (panggadereng) masyarakat Bugis-Makassar. Contoh siswa di atasmenunjukkankearifanlokalsebagai…
Sebuah. Mekanisme pelaksanaan hokum adat
b. Pengikat hubungan sosial
c. Pemersatu dua suku yang berbeda
d. Perekat ikatan teritorial
e. Mekanisme resolusi konflik
50. Peningkatan kualitas hidup, perbaikan tata kelola, perbaikan tata kelola, terwujudnya transparansi sistem informasi, dan berkurangnya praktik korupsi merupakan dampak positif globalisasi pada aspek…
Sebuah. budaya
b. politik
c. ekonomi
d. sosial
e. lingkungan
51. Kehidupan masyarakat senantiasa mengalami perubahan. Ada saat-saat tertentu ketika individu atau sekelompok individu lebih sering dapat diandalkan dengan individu atau sekelompok individu yang lain. Pada saat lain mungkin frekuensinya lebih jarang. Perubahan lain yang dapat terjadi pada aspek interaksional adalah jarak sosial. Ada hubungan-hubungan yang cenderung lebih intim atau kurang intim sama sebelumnya. Hubungan yang bersifat informal dapat berubah menjadi formal. Bentuk perubahan itu disebut dengan perubahan…
Sebuah. fungsional
b. interaksional
c. struktural
d. kultural
e. multidimensi
52. Sebelum kemerdekaan, Indonesia terdiri dari banyak kerajaan, kesultanan, kedatuan, dan unit-unit politik lain yang kekuasaannya terbatas. Keberadaan kekuasaan politik terpusat yang memiliki kapasitas legal dan aparatur yang dapat mencegah terjadinya konflik antar unit politik tersebut. Secara hukum, terdapat sistem hukum yang dijadikan rujukan dan disepakati bersama sebagai sarana untuk mengadili perselisihan dan memastikan bahwa segala bentuk pemberian akan diberi sanksi yang setimpal. Secara militer, hadirnya kekuatan tentara yang menempatkan pemerintah pusat sebagai otoritas tunggal yang memobilisasi kekuatan tersebut dapat menciptakan rasa aman. Sebagai “ketidakseimbangan” atas adanya kepastian hukum dan jaminan rasa aman tersebut, unit-unit politik di tingkat daerah menyatakan ketundukannya kepada pemerintah pusat.
Sebuah. Kultural
b. Sosial
c. Politik
d. Purba
e. Teritorial
53. Sebagian orang beranggapan bahwa banyaknya jumlah orang yang menggnakan simbol-simbol agama di ruang publik meningkatkan peningkatan tingkat religiusitas suatu masyarakat. Keyakinan semacam itu disebut…
Sebuah. Manipulasi
b. Moderasi
c. Deteritorialisasi
d. Reifikasi
e. Fragmentasi
54. Metode dengan mengumpulkan data melalui instrumen kuesioner yang diberikan kepada responden yang diambil secara acak (acak) disebut:
Sebuah. Metode Survei
b. Metode Observasi
c. Metode Percobaan
d. Metode Etnografi
e. Metode Studi Kasus
55. Metode memperoleh data berupa nilai-nilai nominal (berupa angka) dari responden (orang yang pertanyaan pertanyaan dalam kuesioner) atau subyek percobaan untuk menjadi dasar dari perhitungan statistik disebut
Sebuah. Metode Kuantitatif
b. Metode Kualitatif
c. Metode Studi Kasus
d. Metode Etnografi
e. Metode Survei
56. Metode yang melibatkan sekumpulan orang-orang dari latar belakang atau pengalaman yang sama untuk membahas topik tertentu dari suatu masalah sosial adalah metode:
a.Metode Campuran Metode
b. Metode Observasi
c. Metode Studi Kasus
d.Metode Focus Group Discussion (FGD)
e.Metode Etnografi
57. Metode penelitian yang pertanyaannya “Mengapa” dan “Bagaimana” adalah metode
Sebuah. Metode Campuran
b. Kualitatif
c. Studi Kasus
d. Survei
e. Kuantitatif
58. Paradigma dalam metode penelitian sosial
Sebuah. Paradigma positif dan paradigma negatif
b. Paradigma Sosial dan Paradigma Budaya
c. Paradigma positif dan paradigma antipositivisme
d. Paradigma negatif dan paradigma antinegatif
e. Paradigma positif dan paradigma sosial
59. Metode memperoleh data berupa informasi naratif (berupa diskripsi atau cerita). Data yang berupa narasi diperoleh dari informan (orang yang memberi informasi) observasi atau observasi (observasi) yang dilakukan oleh peneliti terhadap situasi sosial dalam bentuk catatan berupa catatan di sebut
Sebuah. Metode Suvey
b. Metode Kualitatif
c. Metode Observasi
d. Metode Studi Kasus
e. Metode Kuantitatif
60. Cara pandang untuk memahami suatu masalah, sebut saja
Sebuah. Paradigma
b. Fenomena
c. Masalah
d. Metode
e. Latar Belakang
61. Apa yang perlu kita tentukan terlebih dahulu sebelum menganalisis masalah sosial. Setelah itu kita peneliti merumuskan pertanyaan kunci dari penelitiannya.
Sebuah. Tema Penelitian
b. Judul Penelitian
c. Paradigma
d. Fenomena
e. Pendahuluan
62. Metode penelitian yang memiliki karakter pertanyaan berkategori “apa” (misalnya apa, apakah, dan sejauh apa) untuk mengidentifikasi suatu hubungan sebab adalah akibat metode?
Sebuah. Survei
b. Kuantitafif
c. Observasi
d. Studi Kasus
e. Kualitatif
63. Metode yang bertujuan untuk menangkap cara pandang dari individu, dan masyarakat yang diteliti, atau untuk memahami sudut pandang orang asli, di sebut
Sebuah. Metode Survei
b. Metode Observasi
c. Metode Triangulasi
d. Metode Etnografi
e. Metode Wawancara
Post a Comment for "Soal dan Jawaban PPPK Mata Pelajaran Sosiologi Lengkap"