PEMBAGIAN TUGAS MAKALAH
MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SEMESTER V TAHUN AKADEMIK 2014 – 2015
PROGRAM STUDI PAI – MA’HAD HUDA ISLAMI
DOSEN: Muhamad Priyatna, M.Pd.I.
NO. | JUDUL | KELOMPOK | KET. |
1. | Pengantar: a. Pengertian psikologi pendidikan b. Sejarah psikologi pendidikan c. Obyek/cakupan psikologi pendidikan dan metode psikologi pendidikan d. Manfaat psikologi pendidikan | o Didin Juandi o Yogi B o Iko L o Yusuf S | |
2. | Memahami perkembangan peserta didik : a. Definisi perkembangan b. Proses Perkembangan siswa c. Faktor yang mempengaruhi Perkembangan d. Tugas dan Fase perkembangan | o Syahdan o Hertawan o Ahmad Zaki | |
3. | PerkembanganPsycho-Fisik siswa: a. Perkembangan Motorik (fisik) siswa b. Perkembangan Kognitif siswa c. Perkembangan Bahasa siwa d. Perkembangan sosioemosional dan e. Perkembangan Moral siswa | o Hisan M o Yusuf Wilyyan o Adi Wira o M. Ulum | |
4. | Konsep Belajar: a. Definisi belajar b. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar c. Proses belajar dan Fase-fase dalam proses belajar | o A.Jabbar o Dadan o Asep Holid | |
5. | a. Teori-teori dalam Belajar; - Koneksionisme - Pembiasan Klasik - Pendekatan Behavioral dan Kognitif Sosial - Pendekatan Pemrosesan Informasi - Pendekatan Kontruktivis Sosial b. Macam-macam perwujudan Prilaku Belajar | o Dwi Bekti o Yapto o Mujahid o M.Al-Fatich | |
6. | Mengajar: 1. Definisi Mengajar 2. Pandangan-pandangan pokok mengenai mengajar 3. Model dan Metode Mengajar 4. Strategi dan Tahapan Mengajar | o Rijal Tamami o A.Haerudin o M. Rosyid o Romdon | |
7. | Perbedaan Kemampuan Individu (Diversity of Student): a. Intelligensi; Pengertian Intelliggensi b. Pengukuran Intelligensi - Model Binet - Model Weshler c. Teori Multiple Intelligensi | o Andri o Hendra Nugroho o Gugun G | |
8. | Perbedaan Kemampuan Individu (Diversity of Student): a. Gaya Belajar dan Gaya Berfikir; - Macam-macam gaya belajar siswa - Strategi pengajaran b. Kepribadian dan Temperamen; - Macam-macam Kepribadian dan Temperamen siswa Strategi Pengajaran | o Asep Bz o Angga o Deni o Muksin | |
9. | Pemahaman tentang Bakat: a. Definisi Bakat b. Cara Mengukur Bakat c. Mengoptimalkan bakat pada siswa | o Choirul Anwar o M.Najib o M. Rivaldi o Hamdani | |
10. | Kesulitan Belajar: a. Definisi kesulitan belajar b. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar c. Diagnosis kesulitan belajar d. Alternatif pemecahan masalah kesulitan belajar | o M. Althaf o Hilmannudin o Erwin o Khoirul Anwar | |
11. | Guru dan Proses Belajar-Mengajar: a. Karakteristik Kepribadian Guru b. Kompetensi Profesionalisme Guru (Kognitif, Afekti dan Psikomotor guru) c. Hubungan Guru dan Proses belajar-mengajar - Fungsi guru dalam proses belajar-mengajar - Posisi dan ragam guru dalam belajar-mengajar d. Skill Pengajaran | o Syaikhul Kabir o Abdul Aziz o Ade Kuswanto | |
12. | · Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran: · Mengeksplorasi Motivasi · Motivasi untuk Meraih sesuatu/tujuan · Motivasi, hubungan dan Sosiokultural | o Mulyanto o Rivan F o M. Nizar o Ibnu o Iqbal H | |
13. | Mengelola Kelas: a. Menedesain Lingkungan fisik Kelas b. Menciptakan Lingkungan yang positif untuk pembelajaran c. Menjadi komunikator yang Baik d. Menghadapi Prilaku Bermasalah Siswa | o Arif Syafiq o Ahmad Dimas o A. Ubaidillah § Amar Hanafi | |
14. | Evaluasi Prestasi Belajar: a. Definisi evaluasi b. Tujuan dan Fungsi evaluasi c. Macam-macam evaluasi d. Indikator prestasi belajar e. Evaluasi prestasi kognitif, afektif dan psikomotor | o Hely Yusuf o Ajid o Sarjono | |
Post a Comment for "PEMBAGIAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN"