Cara Cek Keaslian Ijazah di Ristekdikti Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan

Pada Kenyataannya, masih banyak no seri ijazah yang tidak terdaftar di ristekdikti. Tentu ini bisa menjadi masalah nantinya bagi para pelamar cpns. Tidak terdaftarnya ijazah tersebut bukan karena ijazah tersebut adalah palsu, tapi karena lambatnya pihak universitas menginput Data Lulusannya atau karena masalah teknis lainnya.

Cara Cek Keaslian Ijazah di Ristekdikti Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan



Pengecekan Ijazah di Ristekdikti merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui status ijazah kita. Jangan sampai karena nomor ijazah kita tidak terdaftar di ristekdikti maka akan menjadi masalah saat pendaftaran CPNS.

Baca Juga : Kabar Gembira dari Mas Menteri: Tes PPPK 2021 Secara Online, Seluruh Guru Honorer Bisa Ikut Seleksi 3 Kali

Panitia Penerimaan CPNS Bisa saja menganggap ijazah kita adalah ijazah "bodong", ijazah palsu atau bahkan Ijazah yang dibeli. Padahal Sebenarnya walaupun Ijazah yang kita dapatkan adalah asli, Perjuangan beberapa tahun Di Universitas/Sekolah tinggi akan menjadi sia sia karena tidak terdaftar di ristekdikti.

Lalau Bagaimana Cara Mengecek Keaslian ijazah kita? Berikut caranya.

Baca Juga : 40 Contoh Soal PPPK Kemampuan Manajerial Beserta Kunci Jawaban

Cara mengecek Keaslian Ijazah Di ristekdikti

Pertama buka halaman https://ijazah.ristekdikti.go.id/ melalui komputer ataupun handphone kamu, maka akan ada tampilan seperti berikut,


Kemudian pada kotak hitam yang pertama isi nama perguruan tinggi, bisa Universitas, Sekolah tinggi, institut dan nama perguruan tinggi lainnya.

Pada kolom 2, isikan nomor ijazah. Nomor ijazah ini adalah pengenal ijazah, letak dan posisinya berbeda beda pada masing masing ijazah.

misalkan seperti ijazah dibawah ini


Nomor ijazah adalah lingkaran warna merah dengan panah no 1. no tersebutlah yang di input di form formulir verifikasi kotak hitam no 2.

Sedangkan lingkaran merah no 3 adalah tanggal ijazah, dan lingkaran hijau adalah tahun lulus.

No seri ijazah adalah pengenal unik yang dikeluarkan pemerintah, dimana kertas ijazah tersebut dicatat oleh instansi berwenang untuk menjadi penangkal pemalsuan ijazah.

Baca Juga : Wajib Tahu dan Siapkan dari Sekarang! Alur Pendaftaran CPNS 2021 Terbaru Beserta Syarat Pendaftarannya

Jika No Seri Ijazah sudah di input, maka silahkan isi jawaban penjumlahan pada kotak hitam berikutnnya, ini fungsinya sama seperti captcha. lalu klik verifikasi pada panah 4 gambar formulir verifikasi diatas.

Jika Ijazah anda terdaftar maka akan ada tampilan seperti berikut


Atau jika lewat hp, maka tampilannya seperti berikut


Jika hasil verifikasi menyebutkan data ditemukan, maka selamat, ijazah anda tidak ada masalah. Lalu bagaimana jika hasil verifikasi adalah data tidak ditemukan? hasilnya seperti dibawah ini


Itu berarti ijazah anda belum di input baik oleh yang berwenang yang pada umumnya adalah universitas. Lalu Apa solusinya?

Solusi Jika Ijazah Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan

Segera melapor ke Universitas atau pihak Perguruan Tinggi Tempat Mendapatkan ijazah tersebut. Jikalau di universitas bagian yang mengurusi masalah ini biasanya adalah PUSKOM.

Tapi anda tidak punya waktu ? Tempat tinggal jauh dari Perguruan tinggi karena sudah lama Wisuda? Solusinya adalah minta tolong kepada rekan alumni yang tinggal dekat kampus atau kepada saudara yang masih jadi mahasiswa di kampus tersebut.

Baca Juga :  Kepala BKN Menjelaskan Kendala Pengangkatan PPPK, Simak Baik-baik

Atau diskusi saja sesama rekan rekan sealumni yang pasti juga masih masalah sama.

Tapi saya tidak punya kontak lagi dengan rekan se-ALUMNI.

Wah.. wah jadi dikampus ngapain saja? begitu selesai kuliah lupa kawan seangkatan? Saya harap anda bukanlah orang seperti itu. Karena bagaimana pun rekan seangkatan itu adalah keluarga bukan dengan hubungan darah, tapi hubungan Gelar Anda. Gelar anda adalah saudara kandung dari gelar Rekan Anda. Maaf jadi sedikit ngelantur.

Baca Juga : HORE ! Hanya Modal KTP & KK Dapat BLT Rp 300 Ribu , Segera Daftar Karena Diperpanjang Sampai Juni 2021, Cek Persyaratannya DISINI

Tentukan siapa yang ada waktu untuk mencari informasi tersebut, lihat pengumuman atau kalau tidak ada pengumuman tanyakan langsung ke puskom atau rektorat.

Begitu didapatkan informasinya, ternyata solusinya mudah, Contohnya seperti di salah satu Universitas Negeri berikut ini

Solusi Jika Ijazah Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan
Solusi Jika Ijazah Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan

Cara dan Solusinya Cukup Mudah mengirim scan ijazah dan transkrip nilai ke email yang dicantumkan di pengumuman tersebut. Demikianlah Cara Cek Keaslian Ijazah di Ristekdikti Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Cek Keaslian Ijazah di Ristekdikti Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan"