Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Kabar gembira datang dari pecinta Mobil dari Wuling Motors. Kali ini Wuling Motors Indonesia meluncurkan Wuling Formo yang bermain target pasar di segmen kendaraan komersial ringan. Wuling Formo punya dua tipe yang menarik, yakni blind van untuk fungsi angkutan barang dan satunya yaitu minibus untuk fungsi angkutan penumpang. Wuling Formo saat ini dijual dengan harga Rp 135,8 juta, baik yang tipe blind van maupunjuga Wuling Formo yang tipe minibus.

Harga ini diketahui lebih murah dibanding Toyota Calya yang saat ini dijual mulai Rp 137,15 juta, namun harga ini masih lebih tinggi dibanding harga Mobil Daihatsu Sigra 1.2L tipe terendah yang hanya mencapai Rp 129,75 juta.  inilah mengappa pantas untuk mengetahui Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Tapi perlu diingat, Toyota Calya dan Sigra merupakan kendaraan dengan 7 penumpang yang bermain sektor pasar di segmen Low Cost & Green Car (LCGC).

Sebenarnya untuk segmen pasar ini, tipe blind van bukanlah pesaing dari Calya maupun juga Sigra. Sebab, untuk tipe blind van ditawarkan untuk angkutan barang dengan daya angkut yang diketahui maksimum 595 kilogram. Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ada karena miripnya dalam harga. Untuk soal harga, bisa saja kehadiran Wuling Formo menjadi sebuah ancaman bagi Calya dan Sigra.

Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dimulai dengan Mobil dari Wuling Motors yang namanya diambil dari bahasa latin, yang berarti "membentuk" dibanderol hanya Rp 135,8 juta untuk blind van dan varian 7 isi penumpang, serta harga Rp 136,8 juta untuk pilihan 8 isi penumpang. Harga termurahnya bahkan terpaut Rp 5 juta dari model Confero pendahulunya, serta cukup bersaing dengan model produsen lain pada segmen khusus LCGC, khususnya yang berkapasitas 7 isi penumpang seperti Toyota Calya dan juga Daihatsu Sigra.

Jantung mekanis Wuling Formo memiliki konfigurasi 4-silinder yang memiliki kubikasi 1,2 liter, ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 78 ps pada 5.600 rpm dan torsi sebesar 110 Nm di rentang 3.600 sampai dengan 4.600 rpm. Untuk keseluruhan daya didistribusikan ke roda bagian belakang melalui sistem transmisi jenis manual 5-percepatan. Pemilihan mesin mobil ini dinilai Wuling cukup mampu untuk menggerakkan kendaraan Formo jenis niaga ini.

Untuk diketahui, unit 1,2 liter merupakan mesin yang paling kecil yang pernah dihadirkan oleh Wuling Motors di Indonesia. Untuk soal mesin juga dapat menjadi bahan Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Karena hal ini berbeda dengan Calya dan Sigra yang saat ini mengadopsi sistem penggerak roda bagian depan.

Dari beberapa perbandingan di atas tadi, untuk mesin Calya dan Sigra 1.2L unggul di tenaga, tapi kalah di torsi dibandingkan dengan Wuling Formo. 

Namun secara dimensi sebagai Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Diketahui bahwa Wuling Formo tentu nya jelas lebih unggul karena dimensinya sama seperti Wuling Confero pendahulunya yang berhadapan dengan Toyota Avanza dan juga Daihatsu Xenia. Si kembar Calya dan Sigra diketahui memiliki dimensi (Panjang x Lebar x Tinggi mm) 4.070 x 1.655 x 1.600. Sedangkan untuk Wuling Formo 4.493 x 1.691 x 1.715.

Namun perlu diingat bahwa di sini, Wuling Motors baru 2 tahun mengawali bisnisnya di Indonesia dengan baru 82 dealer yang sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Sedangkan untuk Toyota Calya dan juga Daihatsu Sigra unggul jauh dalam hal jaringan untuk dealer karena sudah memulai bisnis di Indonesia sejak 1970an yang lalu. Hal ini menyebabkan Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di bidang dealer maka Wuling Formo akan kalah. Bahkan per Agustus 2018, total Toyota sudah memiliki 324 outlet yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Sedangkan untuk Daihatsu sudah memiliki total 237 outlet di Indonesia

Demikian Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Post a Comment for "Perbandingan Mobil Wuling Formo dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra"