Sekolah Negeri Diisi Siswa Kaya Jadi Salah Satu Alasan Nadiem Makarim Hapus UN

Informasiguru_Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diketahui menghapus Ujian Nasional (UN) dan menggantinya dengan Asesmen Nasional (AN). Salah satu alasan Nadiem menghapus UN adalah karena kini sekolah negeri banyak diisi oleh siswa yang berasal dari keluarga mampu.  

"Aneh kan, semua yang siswa ekonomi tinggi di sekolah negeri, yang ekonomi rendah di sekolah swasta. Bagi kita yang mikir sekolah swasta mahal-mahal itu sebenarnya salah total, mispersepsi," tutur Nadiem dalam Instagram Live pada Jumat (11/12). "Kebanyakan sekolah swasta di daerah yang tidak terlalu mampu."  

Adapun hal ini ditemukan Nadiem dari hasil seleksi Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) yang juga menganalisa latar belakang ekonomi siswa. Dari hasil seleksi di Indonesia, ditemukan bahwa kebanyakan siswa dengan kemampuan ekonomi rendah belajar di sekolah swasta. 


 Menurut Nadiem, hal ini bisa terjadi karena sistem masuk sekolah negeri yang didasarkan pada nilai UN. Nadiem menilai bahwa sebelum ada sistem zonasi, siswa yang bisa masuk sekolah negeri adalah mereka yang memiliki nilai UN tinggi. Siswa yang memiliki nilai UN rendah pun tersingkir ke sekolah swasta.   

"Yang dapat UN tinggi yang orang tuanya mampu bimbel anaknya untuk dapat angka lebih tinggi. Anak yang enggak punya uang untuk bimbel, ya enggak masuk. Lucu kan?" ujar Nadiem. "Sesuatu hal yang untuk kebaikan malah jadi instrumen diskriminatif."  

Oleh sebab itu, Nadiem akhirnya memutuskan untuk mengubah sistem seleksi sekolah negeri dan menghapus UN. Adapun AN yang menggantikan UN dirancang sebagai seleksi yang tak bisa dipelajari melalui bimbingan belajar (bimbel).  

Pasalnya, AN akan mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang tidak bisa dipelajari seperti UN. Selain itu, AN juga ditujukan untuk mengevaluasi sekolah.  

Sebagai informasi, AN untuk jenjang SMP, SMA, dan Paket A, B, C dijadwalkan akan berlangsung pada Maret hingga April 2021. Sedangkan AN untuk jenjang SD rencananya akan digelar pada Agustus 2021. 


Sumber : WowKeren

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.

Post a Comment for "Sekolah Negeri Diisi Siswa Kaya Jadi Salah Satu Alasan Nadiem Makarim Hapus UN"